loading...

HLOOKUP dan VLOOKUP

HLOOKUP dan VLOOKUP
Kali ini saya akan membuat menjelaskan bagaimana membuat HLOOKUP dan VLOOKUP yang saya peraktikan pada materi mata kuliah saya di Teknik Informatika nah pertama-tama saya menjelaskan apa itu HLOOKUP dan VLOOKUP pada MS Excel , HLOOKUP merupakan fungsi bantuan references yang nilai pada tabel secara horizontal. VLOOKUP merupakan fungsi bantuan references yang nilai pada tabel secara vertikal. Kegunaan kedua rumus ini pada excel yaitu menyortir dan menampilkan data yang kita pilih secara vertikal maupun horizontal pada suatu inti/sumber. Nah sekarang saya akan membuat tutorial secara step by step. 

  1. Buka excel  dan isi seperti di bawah ini pada sheet1 ,sheet2(vlookup),sheet3(horizontal) tapi kalian bisa juga menempatkan hanya pada sheet1
     
  2. Sekarang kita coba untuk membuat vlookup.  
  3. klik A3 atau kolom pertama(value) sebagai acuan,lalu pilih tabel dari sheet2(vlookup)  
  4. pada sheet2 kamu blok kolom pertama sampai paling bawah. Dan pilih kolom nomer 2 seperti gambar di bawah ini.  Contoh kodenya =VLOOKUP(A3;Sheet2!$A$2:$C$21;2) lalu enter hasilnya dapat diseret kebawah , samahalnya untuk “alamat” kita Cuma ubah kolom ke 3 seperti =VLOOKUP(A3;Sheet2!$A$2:$C$21;3). 
  5. sekarang kita coba fungsi hlookup.
  6.  Seperti vlookup tapi sekarang kita memilih filenya & kolom secara mendatar. Ini hasilnya =HLOOKUP(A3;Sheet3!$B$3:$U$5;2)
    nah sekarang sudah selesai gimana apa masih kebingungan ??? jika kebingungan komen saja dibawah postigan ini jangan lupa untuk login Gmail nya yah ^^,

No comments:

Post a Comment

---Mohon Login Gmail dulu agar dapat dengan mudah di koment balik-----
Beberapa panduan dalam berkomentar :
Untuk menyisipkan kode ⇨ [code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote ⇨ [blockquote]QUOTE ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar ⇨ [img]URL Gambar[/img]
Untuk menyisipkan video ⇨ [youtube]URL Video[/youtube]
Anda bisa mengekspresikan komentar Anda dengan emoticon
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

close
Banner iklan disini