loading...

Gastrin | Pengertian , Fungsi ,dan Bagaimana di kembalikan ?


Gastrin adalah hormon utama yang mengatur sekresi asam di dalam perut. Hormon ini dihasilkan oleh sel-sel khusus di lambung. Sejumlah kecil gastrin juga dapat diproduksi oleh pankreas dan usus. Ketika ada makanan sampai di perut, gastrin dilepaskan ke dalam darah. Saat keasaman lambung dan usus sudah naik, produksi gastrin biasanya menurun. Uji laboratorium dapat dilakukan untuk mengukur jumlah gastrin dalam darah.


Bagaimana gastrin dikendalikan?

Sebelum makan, antisipasi makan merangsang saraf dalam otak yang memberi sinyal ke perut dan merangsang pelepasan gastrin. Rilis gastrin juga dirangsang oleh peregangan dinding lambung selama makan, kehadiran makanan tertentu (terutama protein) dalam rongga perut dan peningkatan kadar pH lambung (yaitu, perut menjadi kurang asam).
Produksi dan pelepasan gastrin diperlambat oleh hormon somatostatin, yang dilepaskan ketika perut kosong di akhir makan dan ketika pH lambung menjadi terlalu asam (pH kurang dari 3).

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu banyak gastrin?

Kelebihan gastrin dapat terjadi karena gastrin-mensekresi tumor (gastrinoma, juga dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison). Dalam gastrinomas, tingginya tingkat gastrin bergerak di sekitar usus merangsang pelepasan asam, yang mengarah ke perut dan bisul usus kecil yang bisa meledak. Tingginya kadar asam lambung juga dapat menyebabkan diare karena lapisan usus kecil menjadi rusak.
Tingginya kadar gastrin beredar juga dapat terjadi ketika pH lambung yang tinggi (misalnya, tidak cukup asam), misalnya, dalam anemia pernisiosa atau gastritis atrofi ketika lapisan perut rusak dan tidak mampu memproduksi dan melepaskan asam, dan selama pengobatan dengan obat antasida.[
Sebagai gastrin juga merangsang pertumbuhan lapisan perut, diperkirakan bahwa tingkat gastrin yang tinggi mungkin memainkan peran dalam perkembangan kanker tertentu saluran pencernaan. Namun, hal ini belum terbukti.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu sedikit gastrin?

Sangat jarang untuk memiliki terlalu sedikit gastrin. Namun, rendahnya kadar asam lambung dapat meningkatkan risiko infeksi dalam usus dan dapat membatasi kemampuan perut untuk menyerap nutrisi.

No comments:

Post a Comment

---Mohon Login Gmail dulu agar dapat dengan mudah di koment balik-----
Beberapa panduan dalam berkomentar :
Untuk menyisipkan kode ⇨ [code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote ⇨ [blockquote]QUOTE ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar ⇨ [img]URL Gambar[/img]
Untuk menyisipkan video ⇨ [youtube]URL Video[/youtube]
Anda bisa mengekspresikan komentar Anda dengan emoticon
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

close
Banner iklan disini