loading...

Bunga | Pengertian | Perbedaan | Ciri-Ciri | Repoduksi atau Kembang Biak |Fungsi Bunga

 

Pengertian Bunga

 
Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik. Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.
Pengertian bunga - berbagaireviews.com

Bunga merupakan organ pada tumbuhan yang mempunyai kegunaan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan generatif melalui proses pembuahan serta penyerbukan. Bunga sejatinya ialah modifikasi tunas daun atau tunas batang dimana bentuk, warna, dan susunannya di sesuaikan atas kepentingan tumbuhan tersebut. Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.
 
Pengertian Lainnya
Bunga adalah modifikasi atau perubahan pada suatu tunas diantara batang dan daun serta bentuk, warna, hingga susunannya menyesuaikan dengan kepentingan tanaman tersebut. Oleh sebab itu,  bunga memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan dan penyerbukan yang menghasilkan terbentuknya alat-alat reproduksi atau perkembangbiakan.

Karena sangat pentingnya bunga bagi tanaman, maka pada bunga memiliki beberapa sifat yang dihasilkan dari proses penyesuaian, agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai penghasil alat reproduksi.
Pada umumnya bunga memiliki warna yang menarik, memiliki bau harum atau wangi, memiliki bentuk yang bervariasi, dan sebagian besar mengandung madu.
Tunas yang akan mengalami modifikasi bentuk menjadi bunga, secara umum akan mengalami perlambatan hingga berhenti berkembang pada batangnya.
Karena tangkai tersebut akan menjadi tempat dasar bunga, sedangkan pada daunnya hanya mengalami perubahan yang tidak terlalu signifikan.
Dikarenakan sebagian tetap berbentuk seperti daun, hanya mengalami perubahan bentuk,  warna, dan sebagian sisanya akan mengalami modifikasi menjadi bagian yang berperan dalam peristiwa untuk menghasilkan calon individu baru.

Perbedaan Bunga Sejati dengan Bunga Sempurna 

Perbedaan Bunga sejati dan Bunga sempurna secara singkat sebagai berikut :
  • Bunga sejati bunga yang memiliki daun bunga kelopak mahkota akar dan batang tetapi biasa nya hanya memiliki satu alat reproduksi
  • Bunga sempurna bunga yang memiliki daun bunga buah batang akar mahkota kelopak putik dan benang sari yang mengakibatkan dapat melakukan penyerbukan sendiri

Pengertian Bunga Lengkap dan Bunga tidak lengkap

Bunga adalah alat reproduksi pada tanaman angiospermae. Bunga tersusun oleh meristem ujung khusus yang tumbuh dari ujung pucuk vegetatif.
Setelah mendapatkan rangsangan dari faktor internal dan eksternal, dan tugas utamanya untuk menghasilkan biji melalui proses pembiakan.
Bagian-bagian bunga antara lain tangkai bunga, dasar bunga, hiasan bunga yang terdiri dari kelopak hingga mahkota bunga, dan alat kelamin jantan serta betina yang berbentuk putik atau benang sari.
Bunga yang memiliki bagian tangkai, putik, benangsari, mahkota, mahkota, dan tangkai disebut sebagai bunga lengkap. Sedangkan bunga yang tidak memiliki tidak memiliki salah satu dari bagian bunga.

Perbedaan Antara Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap


Bunga lengkap 

Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki enam bagian dasar bunga antara lain tangkai, putik, benangsari, mahkota, mahkota, dan tangkai.
Sehingga disebut sebagai bunga lengkap, karena bagian utama atau dasar dimiliki oleh bunga tersebut. Pada umumnya, memiliki dua alat produksi yaitu putik dan benang sari.

Bunga tidak lengkap 

Bunga lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu dari enam bagian dasar bunga.
Sehingga disebut sebagai bunga tidak sempurna, karena salah satu bagian tersebut tidak ada atau tidak dimiliki.
Pada umumnya, hanya memiliki satu alat produksi saja. Contohnya hanay memiliki putik saja, atau hanya memiliki benang sari saja.
Hingga saat ini, untuk membedakan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap hanya dilihat dari enam bagian bunga saja.
Akan tetapi, terdapat beberapa teori yang berpendapat jika alat kelamin yang dimiliki bunga juga berperan dalam membedakan apakah bunga tersebut sempurna atau tidak sempurna.

Contoh Bunga Lengkap dan Tidak Lengkap

Bunga lengkap : – Bunga sepatu, mawar, tulip, mawar, anggrek, alamanda, kaktus, bougenville, latulip, dan edelweiss.
Bunga tidak lengkap : – Bunga rambutan, dan bunga jangung.

Organ Reproduksi Bunga Lengkap

Organ reproduktif pada bunga merupakan alat perkembangbiakan. Bunga memiliki dua organ reprodukti, yaitu organ reproduktif jantan berupa benang sari dan organ reprodukif betina yang berupa putik. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap alat reproduksi pada bunga.
  1. Benang sari (Stamen)

Benang sari terdiri dari kepala sari (antheri), tangkai sari (filamentum) dan penghubung antara ruang sari (connectivum). Kepala sari adalah bagian benang sari yang terdapat diujung tangkai sari. Pada kepala sari terdapat dua ruang sari (theca). Setiap theca terdiri dari ruang kecil (loculus), yang berisi tepung sari (pollen). Tangkai sari merupakan bagian benang sari yang berbentuk seperti pipa, yang mendukung kepala sari. Sedangkan penghubung ruang sari merupakan bagian tangkai sari yang berfungsi menghubungkan dua theca.
Benang sari dapat duduk pada bunga dalam tiga cara. Ada yang duduk di dasar bunga, duduk diatas kelopak bunga dan duduk di atas mahkota bunga.
Berdasarkan jumlahnya, benang sari digolongkan menjadi tiga jenis yaitu benang sari banyak, benang sari yang tersusun dalam dua lingkaran dan benang sari yang sama banyak atau kurang dari jumlah mahkota. Benang sari banyak adalah jika jumlah benang sari lebih dari 20 buah. Sedangkan benang sari yang tersusun dalam dua lingkaran, jika jumlah benang sari berjumlah dua kali lipat dari jumlah daun mahkota.
Alat Reproduksi Pada Bunga
Alat Reproduksi Pada Bunga
  1. Putik (Pistillum)

Putik tersusun dari tiga struktur, yaitu kepala putik (stigma), tangkai putik (stylus) dan bakal buah (ovarium). Kepala putik merupakan bagian putik paling atas. Tangkai putik merupakan saluran yang menghubungkan kepala putik dengan bakal buah. Bakal buah sendiri adalah bagian putik yang membesar dan duduk di dasar bunga.
Bakal buah tersusun atas daun-daun buah. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji. Daun-daun buah akan menjadi kulit buah. Kumpulan daun buah disebut gynaecium. Didalam ovarium juga terkandung sel telur, sehingga  dinamakan bakal biji. Biji akan berubah menjadi buah.
  1. Menurut jumlah daun buahnya, putik dibedakan menjadi putik tunggal dan putik majemuk.
  2. Menurut letaknya pada dasar bunga, bakal buah ada yang menumpang, ada yang setengah tenggelam, ada yang tenggelam.
  • Berdasarkan jumlah ruang yang terdapat pada bakal buah, bakal buah di bedakan menjadi bakal buah beruang satu dan ada juga bakal buah yang beruang dua.

Fungsi Bunga pada Tumbuhan

  • Fungsi dari bunga adalah untuk menarik penyerbuk pada tumbuhan untuk membantu pembuahan sehingga tumbuhan menciptakan bibit.  Warna-warna cerah, aroma yang kuat dan nektar manis semua bekerja sama untuk menarik burung, lebah dan serangga lainnya untuk memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lain. Setelah penyerbukan terjadi, bunga berkembang menjadi benih. Bunga yang normal memiliki tiga fungsi dasar:
  • Bunga menyediakan platform untuk sistem reproduksi seksual dari tanaman (andresium – jantan dan ginesium – betina) – baik bunga berumah satu dan dua. Dalam serbuk sari bunga dan ovula diproduksi biasanya melalui proses meiosis.
  • Penyerbukan terjadi dan ovula terbentuk menjadi biji, dengan ovarium yang bengkak biasanya membentuk menjadi buah (atau polong biji).
  • Menyediakan mekanisme untuk menarik penyerbuk untuk memfasilitasi penyerbukan (kelopak) – bunga berumah satu dan bunga berumah dua. Bunga memberikan atraktan visual untuk banyak penyerbuk (serangga, burung, binatang dll), ini juga kadang-kadang terkait dengan bau beraroma seperti nektar. Ini sebagai “umpan” untuk menarik serangga yang kemudian mentransfer serbuk sari antara bunga-bunga dan memfasilitasi penyerbukan (baik penyerbukan silang atau penyerbukan sendiri).
  • Menyediakan platform untuk ovula dibuahi untuk berkembang dan didistribusikan sebagai buah dan biji – bunga berumah satu dan bunga berumah dua betina saja.
  • Fungsi biologi bunga adalah organ seksual, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Bahwa bunga adalah analog dengan organ seksual pada hewan baru disadari secara ilmiah pada abad ke-17 di Eropa.
  • Beberapa bunga memiliki warna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukan.
  • Bunga juga dapat dianggap sebagai organ untuk bertahan pada kondisi kurang menguntungkan bagi pertumbuhan. Sejumlah tumbuhan akan segera membentuk bunga apabila mengalami kekurangan air atau suhu rendah. Contoh yang paling dikenal adalah bunga kertas Bougainvillea. Bunga mengurangi metabolisme dan apabila tumbuhan mati, biji diharapkan telah terbentuk sebagai usaha sintasan (survival).
  • Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni sehingga memiliki arti kultural. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias.

No comments:

Post a Comment

---Mohon Login Gmail dulu agar dapat dengan mudah di koment balik-----
Beberapa panduan dalam berkomentar :
Untuk menyisipkan kode ⇨ [code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote ⇨ [blockquote]QUOTE ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar ⇨ [img]URL Gambar[/img]
Untuk menyisipkan video ⇨ [youtube]URL Video[/youtube]
Anda bisa mengekspresikan komentar Anda dengan emoticon
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

close
Banner iklan disini